Karutan Pondok Bambu Dipecat

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Pondok Bambu Sarju Wibowo tersandung Artalyta Suryani alias Ayin, terpidana lima tahun dalam perkara suap jaksa Urip Tri Gunawan. Gara-gara Satgas Pemberantasan Mafia Hukum melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rutan Pondok Bambu pada Minggu (101) malam dan menemukan fasilitas mewah yang diberikan kepada Ayin, Sarju menjalani pemeriksaan.

Tak hanya itu. mulai Selasa (12/1) hari ini, Sarju akan kehilangan jabatannya sebagai Karutan Pondok Bambu. Pencopotan jabatan Sarju itu ditegaskan Menkumham Parrialias Akbar saat menjadi narasumber di sebuah stasiun televisi swasta nasional. Senin (U1) malam. "Terhitung besok (Selasa hari ini. red), Karutan Pondok Bambu dicopot," kata Patrialis Akbar

Hingga Senin sore. Sarju masih menjalani pemeriksaan terkait pemberian fasilitas mewah kepada beberapa narapidana (napi) Rutan Pondok Bambu, termasuk Ayin Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Dep kum HAM Untung Sugiono mem benarkan ihwal pemeriksaan terhadap Sarju.

Hanya saja, katanya, kewenangan untuk pemberian dan bentuk sanksi ada di tangan inspektorat Kalau memang terbukti bam dikenakan sanksi "Jangan dulu dikatakan pelanggaran. Kita proses dulu Kita telusuri dulu sceara hukum Kepala Rutan sedang diperiksa," jelasnya.

Indonesia Corruption Watch (ICW) punya pandangan lain. Menurut Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho. sanksi tegas jangan hanya dijatuhkan kepada Karutan Pondok Bambu saja. "Semua pejabat yang bertanggung jawab soal fasilitas mewah dalam ruang tahanan terhadap Ayin dan terpidana lain harus dipecat. jelas Emerson. Bukan hanya itu saja, para pejabat dan petugas itu juga harus Ji-idik karena dugaan tindak pidana korupsi. "Diperiksa terkait indikasi suap." tambahnya.

Untuk Ayin. lanjut Emerson, mesti ada tindakan juga Jangan nanti muncul anggapan siapa yang punya uang memperoleh keistimewaan, termasuk saat dibui "Ayin harus dipindahkan ke LP Nusakambangan dan fasilitas yang diberikan harus sama dengan napi yang lain," turupnya.

Fasilitas Mewah Pada Minggu malam empat anggota Satgas Pemberantasan Mafu Hukum yaitu Denny indrayana. Ma--Achmaa Santosa. Herman Effendi, dan Yunus Husein, menggelar sidak ke Rutan Pondok Bambu. Jakarta Tmur Dalam sidak yang dilakukan pukul 19 00-22.00 itu. mereka menemukan pemberian fasilitas mewah kepada tiga terpidana yaitu Ayin dan Aling (terpidana narkoba) di blok Anggrek.

Saat memasuki kamar tahanan Ayin, keempat anggota Satgas itu terhenyak tantararikainar tahanan Ayin yang memiliki luas sekitar 8x8 meter itu tak u bannya kamar di hotel berbintang Ada spring bed ukuran double bed. di atasnya cover bed berwarna salem terlipat rapi. Segala macam kosmetik tersusun rapi di atas meja rias Ada TV plasma ukuran 21 inchi, pendingin ruangan, dan meja kerja.

Sang rani berlian kasus Jaksa U np ini pun memiliki kamar mandi pribadi di dalam kamarnya Dilengkapi kloset duduk dan bak mandi yang bersih Belum cukup nyaman, ada abt fitness untuk menyegarkan badan. Seluruh ruangan pun dilapisi karpet tebal. Ruangan itu seharusnya menjadi ruang kantor petugas LP. namun disulap menjadi kamar setara hotel berbintang.

Ayin hanya menangis scsung gukari saat ditanya fasilitas mewah nya. Sepanjang kunjungan yang difasilitasi oleh Dirjen Lapas Untung Sugiyono ini. Ayin hanya sibuk menutupi mukanya.

Kamar tahanan Ayin ternyata belum seberapa bila dibanding kamar tahanan Aling Kamar Aling lebih luas dan dilengkapi dengan fasilitas karaoke. "Selain Ayin, napi bernama Aling juga memiliki ruangan khusus. Bila Ayin memiliki ruangan khusus di lantai tiga. .Ming memiliki ruangan khususdi lantai dua."kata Sekretaris Satgas Denny Indrayana

Menurut Denny. Aling mcrupa kan napi dalam kasus narkoba. Ruangan khusus Aling di lantai dua itu lebih besar dibanding ruang khusus Ayui. "Luas ruangan khusus Aline sekitar satu setengah atau dua kali lebih besar dibanding ruang Ayin, ujar dia.

Sama seperti ruang Ayin. ruang Aling juga dilengkapi AC dan TV Namun, menurut Denny, ruang khusus Aling lebih mewah. "Di ruang Aling ada ruangan tertutup, khusus karaoke. kata Denm Keterangan yang didapat Satgas. Aling biasanya berada di ruangan khusus itu dari pagi hingga malam. Sekitar pukul 19.00 WIB. Aling baru kembali ke selnya. Tapi, Satgas juga tidak yakin dengan keterangan ini. karena di ruang Aling juga terdapat tempat tidur.

Situasi ini amat kontras dengan para tahanan yang ditempatkan di blok Edelweiss Ruangan berukuran sekitar 2X7 meter persegi itu diisi 10 orang. Jemuran baju digantung di mana mana. Untuk bdur. mayoritas napi wanita di sini mengandalkan tikar atau kasur lipat Tidak ada alat elektronika yang tampak di sel sel itu.

Wajar

Dirjen PAS Depkum HAM untung Sugiyono mengakui memberi kan fasilitas untuk Ayin. Pihaknya ingin membantu Ayin bertemu keluarga dan mengurus perusahaan. "Kami akui memberikan fasilitas untuk Artalyta Itu hanya tempat untuk menerima keluarganya dan untuk kegiatan perusahaan milik Artalyta." ungkap Untung

Untung melanjutkan. Ayin mempekerjakan 50.000-80.000 karyawan dan itu tetap harus diawasi dengan baik oleh Ayin karena berhubungan dengan nasib orang banyak "Kenapa (pertemuan) ndak dilakukan di ruang kunjungan, karena ruang kunjungan sudah penuh" dalih Untung

Untung menjelaskan ada dua ruang yang digunakan. Di bagian kantor lantai 2 ruang Dharma Wa nita dipakai untuk tempat pelatihan keterampilan membuat tas manik manik yang koordinatornya Aling. Di ruang itu ada alat karaoke dan qasidah. Sementara di lantai ? ada tempat yang menurut Untung Jipergu rukan untuk pesantren kilat "Dan ruang keterampilan yang diketuai Artalyta. Semua difungsikan untuk warga binaan." kilah Untune

Sebelumnya, saat menyidak Rutan Pondok Bambu, Untung menyebut fasilitas pribadi Ayin adalah wajar. Kalau saya pikir ruangan im sudah benar Kalau toh terselip beberapa fasilitas pribadi untuk mainan anak, itu masih dalam batas kewajaran Tidak merugikan orang lain," ujarnya.

Selain itu. katanya, semua fasilitas itu demi keamanan dan kesehatan Ayin. Kita melihat juga aspek ke amanan Bisa saja diganggu ganggu. Kita melihat aspek kesehatan. Ada yang bisa dicampur ada yang tidak," ujar Untung

Menurut Untung, adanya TV di ruang tahanan juga bukan perkara aneh Semua napi di rutan rata rata mempunyai TV Kalau mewah ya relatif Semua ruangan penghuninya hampir ada televisi." jelasnya

Scdankkan spring bed Ayin. hanyalah spring bed bekas. Jika dari inspektorat tidak mengizinkan, maka akan diganti "Kita sesuaikan dari ruangannya." tandasnya.

Ihwal diskriminasi perlakuan yang terjadi di tahanan juga diakui Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Asdjudin Rana "Memang ada perbedaan status tahanan itu Tidak mungkin Iata satukan mantan pejabat dan para pencopet,* kata Asdjudin usai Keterangan pers di Depkum HAM, Jl HR Rasuna Said. Jakarta. Senin (11 I) Namun saat didesak bahwa Ayin bukanlah mantan pejabat, Asdjudin diam seribu bahasa.

Yang mengejutkan. Asdjudin menyebutkan bahwa aneka fasilitas wah itu didanai lewat anggaran Lapas "Itu dan anggaran Lapas." kata Asdjudin .Anggaran tahun berapa untuk fasilitas Ayin? "Tahun berapa, saya lupa itu." sahutnya.

Asdjudin malah menantang balik saat ditanya apakah pemberian fasilitas mewah melanggar hukum atau tidak "Tolong carikan putusan hakim atau pengadilan yang melarang itu." tantang Asdjudin

Adanya diskriminasi perlakuan terhadap para tahanan itu disayang kan Presiden SBY. Karena menurut SBY. siapa pun harus mendapatkan perlakuan yang sama di tahanan.

"Setiap WNI yang mempunyai status hukum harus memiliki hak yang sama di depan hukum. Tidak ada dispensasi sebagaimana yang ditemui oleh para pelaksana hukum tadi malam." kata kata Juru Bicara Kepresidenan Bidang Dalam Negeri Julian Aldrin Pasha di Kantor Pre siden. Jl Veteran, Jakarta, Senin (11/1).

SBY mengetahui sidak di kamar .Artalyta Suryani dan beberapa kamar narapidana lainnya di Rutan Pondok Bambu. Jakarta Timur, dari media massa Hingga saat ini Presiden belum mendapatkan laporan resmi dari Satgas Pemberantasan Mafia Hukum "Presiden sudah mendengarkan dari media upi belum ada laporan resmi." kata Julian.

Julian mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Satgas Pemberantasan Mafia Hukum ini .Vamun demikian, harus dilakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang terkait, dalam hal ini Menkum HAM. Julian enggan berkomentar saat ditanya sul tahanan besan SBY. Aulia Pohan, apakah juga harus disidak Mantan Wakil Dekan FISIP UI ini tak menjawab dan cuma tersenyum ditanya tentang hal irri. dtc/has

Ayin pun kembali ke sel biasa

JAKARTA- Artalyta Suryani atau Ayin telah dikembalikan ke ruang tahanan yang semestinya. Ayin kini harus mendekam bersama tahanan lainnya tanpa fasilitas mewah.

”Ayin sekarang sudah dikembalikan ke Blok E. Dia sudah bareng-bareng sama tahanan lainnya,” ujar Auditor Inspektorat Jenderal Depkumham, Darmaji, saat mengajak wartawan berkeliling Rutan Pondok Bambu, Jl Pahlawan Revolusi No 38, Jakarta Timur, Selasa (12/1) malam.

Darmaji mengakui, pihaknya kini sedang memeriksa terkait penempatan terpidana kasus penyuapan jaksa Urip tersebut di Blok Anggrek lengkap dengan fasilitas mewah. ”Kenapa dia (Ayin) bisa ditempatkan di situ, itu yang sedang kita dalami,” terang Darmaji.

Namun, Darmaji membantah jika kamar mewah yang lengkap dengan fasilitas karaoke merupakan kamar milik Aling, terpidana dalam kasus narkotika. ”Ini bukan kamar Aling, kamar sel Aling di bawah (Blok E). Dia cuma ke sini kalau ada kegiatan dharma wanita,” pungkasnya.

Sebelumnya, tim Satgas Pemberantasan Mafia Hukum melakukan sidak di rutan Pondok Bambu pada Minggu (10/1) malam. Satgas menemukan Ayin memiliki kamar dengan fasilitas lengkap dengan TV, AC dan kasur empuk, bahkan di ruangan milik Aling terdapat fasilitas karaoke. Padahal di kamar lainnya para tahanan wanita tinggal bersama dalam satu kamar dengan fasilitas apa adanya.

Setelah sempat ’kepergok’ Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, pihak rutan Pondok Bambu langsung melakukan ’pembersihan’ di sejumlah kamar. Fasilitas mewah yang semula ada kini dikeluarkan dari kamar.

Salah satu kamar Artalyta Suryani (Ayin) di lantai 3, kini fasilitas mewah sudah dipreteli satu per satu dari ruangan. AC, TV, hingga kasur empuk kini sudah tidak tampak lagi.

"Ini yang kemarin yang dibilang satgas ruangan Artalyta. Itu sebenarnya ruang dharma wanita untuk keterampilan," kata Darmaji.

Hal yang sama juga terlihat di salah satu kamar di lantai II. Di ruangan yang diduga tempat terpidana kasus narkoba, Aling tersebut kini sudah bersih dari perabotan ala hotel bintang lima yang semula disidak tim Satgas. Peralatan karaoke yang semula ditemukan pun telah dibersihkan.

"Sekarang sudah dikembalikan ke fungsi semula, yaitu ruang pembinaan. Dari dulu sebenarnya ruangan ini ruangan pembinaan, tapi memang di sini ada fasilitas karaoke dan TV yang besar," jelasnya.

Darmaji mengklaim, dua kamar yang memiliki fasilitas mewah tersebut bukanlah kamar milik Ayin dan Aling. Ia juga membantah, kedua kamar "wah" tersebut disewa khusus Ayin dan Aling.

"Aling itu memang jadi koordinator untuk kerajinan yang di lantai 2, sedangkan Ayin itu koordinator kegiatan di lantai 3," kilahnya.

Lalu kenapa mereka ditunjuk jadi kordinator? "Itu yang kita pelajari," imbuhnya.

Bukti bersalah
Terpisah Direktur Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM, Zainal Arifin Mochtar, mengatakan, pembersihan kamar Ayin dan Aling dari fasilitas mewah tersebut membuktikan kalau pihak rutan telah berbuat salah selama ini.

"Dengan fasilitas dibongkar menunjukkan ada sesuatu yang salah," kata Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM Zainal Arifin Mochtar, Rabu (13/1) pagi tadi.

Seperti diketahui, pengelola rutan mengklaim bahwa ruangan Ayin yang disulap menjadi kantor terpidana tersebut diklaim sebagai fasilitas umum rutan. Namun dalih itu kurang meyakinkan mengingat banyak foto keluarga Ayin terpasang di ruangan tersebut. Pembongkaran juga dilakukan di ruangan Aling, terpidana narkoba.

Menurut Zainal, pihaknya sangat mendukung langkah Menteri Hukum dan HAM yang menindak kepala rutan Pondok Bambu. Namun, pemecatan bukanlah solusi untuk memerangi praktik mafia hukum.

"Itu hanya perubahan individual yang kita butuhkan perubahan secara sistem," jelasnya.

Zainal menjelaskan, ada tiga hal yang patut diperhatikan Menteri Hukum dan HAM untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Pertama, melakukan tindakan untuk pihak-pihak yang bertanggung jawab seperti mencopot/memberikan sanksi. Kedua, melakukan perubahan pola struktur.

"Apakah memperbaiki pola hubungan, pola struktur, atau pola pengawasan namun titik tekannya bagaimana sistem tersebut bekerja dengan baik," terang dosen FH UGM ini.

Terakhir, menurut Zainal, mengubah kultur. Perubahan budaya mafia hukum harus dimulai dengan mencanangkan sipir antikorupsi. "Jika dilakukan dijamin hal semacam sel Ayin tidak terulang kembali," tandasnya.

Sementara itu Wwakil Ketua Komisi Hukum DPR, Azis Syamsuddin mengatakan, pencopotan Kepala Rutan Pondok Bambu, Sarju Wibowo pascaterungkapnya sel mewah Ayin cs dinilai kurang maksimal. Sanksi pencopotan serupa juga harus dikenakan kepada Dirjen PAS, Untung Sugiyono.

"Kalau mengarah ke Dirjen harus ditindak. Kami setuju pencopotan itu," ujarnya.

Akan tetapi Azis menyarankan agar pencopotan itu didahului proses investigasi untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dan bertanggung jawab atas pemberian fasilitas mewah bagi tahanan di Rutan Pondok Bambu. Termasuk menilai, apakah ada unsur pembiaran yang dilakukan Dirjen PAS terkait temuan sel mewah bagi Ayin cs itu.

"Tetapi kita taati aturan, harus ada hasil investigasi dulu," jelas politisi Partai Golkar ini.

Anggota Komisi Hukum lainnya, Nasir Djamil, juga mendukung upaya untuk menindak Dirjen PAS, Untung Sugiyono. Menurutnya, pembenahan Rutan dan Lapas tidak cukup hanya mencopot Karutan Pondok Bambu saja. Politisi PKS ini menyarankan reformasi di direktorat jenderal PAS yang mengurusi Lapas dan Rutan. "Bukan saja di Lapas dan Rutan, tapi membenahi direktorat jenderal yang mengurus Lapas dan Rutan itu," paparnya. dtc/inl-sn

Inilah Buku Tandingan 'Gurita Cikeas'


Kini buku 'Membongkar Gurita Cikeas' karangan George Junus Aditjondro punya tandingan. Adalah Setyardi Negara yang menulis buku tandingan itu dengan judul 'Hanya Fitnah dan Cari Sensasi, George Revisi Buku.' "Buku ini adalah buku tanggapan, telaah kritis atas buku Gurita Cikeas," kata si penulis, Setyardi Negara, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Selasa malam (5/1).

Apa yang membuat mantan wartawan Tempo ini tertarik menulis buku tandingan besutan Aditjondro?. Ia menjawab, "Sebagai pembaca saya merasa buku Gurita Cikeas itu menarik dan fenomenal."

Tetapi kemudian, Setyardi yang merasa sebagai 'junior' dari Aditjondro melihat, 'Gurita Cikeas' itu punya banyak kelemahan. Maka itu, pemilik penerbitan Senopati Media ini tergelitik untuk menulis buku tandingan, tepatnya buku resensi setebal 35 halaman. "Dua hal kelemahan ada dalam Gurita Cikeas. Dua hal itu bisa saya pertanggungjawabkan," ujar Setyardi.

Kelemahan pertama dalam Gurita Cikeas menurut dia adalah soal metodologi. Aditjondro dinilai hanya melakukan kliping media massa yang dituangkan dalam bentuk buku. "Kliping-kliping itu tidak pernah diverifikasi yang bersangkutan. Padahal, narasumbernya masih hidup dan bisa dikonfirmasi," ujar dua.

Kelemahan kedua adalah dari sisi konten atau isi. "Mungkin, tidak semua data dalam Gurita Cikeas itu salah. Tapi, ada banyak hal yang ditulis dalam buku itu keliru," sindir Setyardi. Rencananya, peluncuran buku tandingan Gurita Cikeas itu akan digelar siang ini di Hotel Cemara, Menteng, Jakarta Pusat. Peluncuran akan diramaikan oleh dua komentator yakni pengamat politik Alfan Alfian dan pakar komunikasi Suyanto.

Berantem Gara-Gara Mailbox

Seorang suami mengantar istri dan anak lelakinya yang masih TK belanja persiapan pesta tahun baru malam ini. Karena ada perlu, sang suami pergi meninggalkan istrinya dan menyuruh mereka agar menghubungi lewat HP jika mereka udah selesai belanja.

Dua jam kemudian, sang istri udah selesai belanja dan menyuruh sang anak agar menghubungi ayahnya untuk menjemput mereka.
Sang anak menghubungi HP ayahnya.

Telpon pertama, gak diangkat. Telepon kedua diangkat cewek, ketiga keempat diangkat cewek terus.

Sang ibu merasa gusar bertanya apa sudah tersambung dengan sang ayah.

Si anak menjawab polos bahwa dia menelepon berkali-kali dan yang mengangkat adalah seorang wanita.

Sang istri murka dan segera berkeliling bersama anaknya Supermarket mencari suaminya. Tak sengaja mereka berpapasan di lift dan tanpa babibu sang istri langsung melayangkan pukulan plak plok ke wajah suaminya.

Para pengunjung nampak kasihan melihat suami lemah tersebut dan melerai mereka. Salah seorang pengunjung memohon pada sang istri agar bersabar.

Sang istri yang kalap mulai menjelaskan tentang perselingkuhan suaminya, karena tiap anaknya telepon selalu ada suara wanita dalam HPnya.

Seorang pengunjung bertanya pada anak tersebut dan sang anak membenarkan. Sang anak bilang tiap dia menelepon HP ayahnya selalu ada wanita yang menjawab “Maaf anda terhubung dengan telkomsel Veronika...”

Kehilangan Istri Saat Scuba Diving

Setelah berolah raga scuba diving bersama, seorang suami kehilangan pasangannya dan melaporkan ke pihak polisi pantai. Polisi yang mengusutnya ternyata baru berhasil menemukan istri bapak tersebut setelah lebih dari 24 jam tenggelam.

Polisi : "Kami berhasil menemukan istri bapak dan membawa khabar buruk dan baik mengenai istri Bapak."

Suami : "Tolong sebutkan khabar buruknya saja terlebih dahulu!"

Polisi : "Buruknya, Istri Bapak ternyata hanyut dan terbawa arus sampai di dasar laut yang cukup dalam dan baru bisa diangkat besok. dan Kabar baiknya, anggota kami menemukan beberapa lobster berukuran besar dan beberapa kepiting besar di atas tubuh istri Bapak."

Perbedaan Mata Merah oleh Virus v.s. Bakteri


Apakah yang dimaksud dengan "mata merah"?

Mata merah, atau konjungtivitis, adalah kemerahan dan radang pada selaput (konjungtiva) yang menutupi bagian putih mata dan selaput pada bagian dalam kelopak mata. Membran ini bereaksi terhadap berbagai bakteri, virus, agen yang menimbulkan alergi, iritasi maupun reaksi keracunan, serta sebagai tanda penyakit dalam tubuh.

Virus dan bakteri bentuk konjungtivitis umum terjadi pada masa kanak-kanak, tetapi konjungtivitis juga dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia. Secara keseluruhan, bagaimanapun, ada banyak penyebab mata merah. Penyebab mata merah dapat digolongkan menjadi dua, yaitu infeksi dan noninfeksius. Mata merah tidak menyebabkan perubahan apapun dalam visus/tajam penglihatan.

Apa yang menyebabkan infeksi mata merah, apa gejala infeksi mata merah, dan bagaimana perawatannya?

Viral pink eye

Penyebab utama merah, mata meradang adalah infeksi virus. Adenoviruses adalah jenis virus yang paling sering menjadi penyebab terhadap infeksi. Gejala mata merah akibat virus sekret yang encer dan tidak berwarna. Sering kali, gejala yang muncul seperti sinus hidung tersumbat dan berair. Mungkin kelopak mata bengkak. Kadang-kadang melihat cahaya terang terasa silau.

Sementara virus mata merah mungkin tidak memerlukan antibiotik, mereka yang terkena dampak harus ke dokter. Kadang-kadang mata merah dapat dikaitkan dengan infeksi pada kornea (bagian yang bening di bagian depan bola mata). Infeksi ini harus terdeteksi secara benar dan diobati. Virus mata merah sangat menular.

Mata merah oleh Bakteri

Staphylococcus dan Streptococcus, antara lain, adalah jenis bakteri yang sering menyebabkan mata merah. Gejala mata merah oleh bakteri :

* Mata sakit,
* Bengkak,
* Kemerahan, dan
* Sekret dalam jumlah cukup besar, berwarna kuning/kehijauan.

Keluarnya kotoran mata / sekret umumnya terakumulasi setelah tidur. Anak-anak yang terkena matanya akan terasa lengket dan tidak bisa membuka. Cara membersihkannya bisa menggunakan kain lap lembab hangat yang diusapkan pelan-pelan pada mata untuk menghilangkan lendir. Mata merah yang disebabkan bakteri dapat diobati dengan obat tetes mata atau salep antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Berhati-hatilah, jangan menggunakan obat yang diresepkan untuk orang lain, atau dari infeksi lanjut, karena dikhawatirkan telah terkontaminasi dari infeksi lain baik dengan sengaja maupun tidak dikarenakan telah menyentuh botol obat. Cara menetes obat tetes mata yang aman, efektif, dan resiko minimal yaitu dengan metode menempatkan tetes ke mata dengan cara meminta anak Anda untuk berbaring datar, dengan instruksi untuk hanya "menutup matanya," dan meneteskan obat sesuai dosis di sudut dalam mata. Ketika anak Anda santai dan membuka mata, obat akan mengalir dengan lembut ke selaput lendir yang terinfeksi tanpa perlu "memaksa membuka" matanya.

Ketika Anda merasa bahwa Anda atau anak Anda mungkin telah terinfeksi bakteri, sangat penting untuk segera periksa ke dokter Anda karena beberapa alasan. Pertama, jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, antibiotik akan diperlukan untuk membantu memerangi infeksi sistem kekebalan tubuh untuk membunuh infeksi ini. Kedua, jika anda mengalami gejala lain seperti pilek, batuk, sakit telinga, dll, ada kemungkinan bahwa gejala ini disebabkan oleh bakteri yang sama, dan antibiotik oral juga mungkin diperlukan untuk mengobati infeksi ini bersama dengan antibiotik tetes atau salep untuk mata. Dan dokter Anda mungkin akan menjelaskan kemungkinan penyebaran infeksi ke organ lainnya.

Mata merah oleh Klamidia

Mata merah karena infeksi dengan Chlamydia adalah bentuk infeksi yang jarang terjadi di Indonesia, tetapi sangat umum di Afrika dan negara-negara Timur Tengah. Chlamydia dapat menyebabkan mata merah pada orang dewasa dan neonatus. Ini adalah penyebab mata merah pada remaja dan orang dewasa yang dapat menular melalui hubungan seksual. Mata merah oleh Chlamydia biasanya diobati dengan eritromisin (E-Mycin, Eryc, Ery-Tab, PCE, Pediazole, Ilosone) atau oral tetracycline (Sumycin), penggunaan obat ini tidak dianjurkan pemberiannya pada anak-anak yang berumur kurang dari 8 tahun, karena kemungkinan dapat mengakibatkan perubahan warna gigi.

FILSAFAT PLATO


Plato dilahirkan di Athena pada tahun 427 SM dan meninggal di sana pada tahun 347 SM. Dalam usia 80 tahun. Ia berasal dari keluarga Aristokasi yang turun temurun memegang peranan penting dalam politik Athena. Iapun bercita-cita sejak mudanya untuk menjadi orang negara. Tetapi perkembangan politik di masanya tidak memberi kesempatan padanya untuk mengikuti jalan hidup yang diingininya itu.
Namanya bermula ialah Aristokles. Plato namanya kemudian yang diberikan oleh gurunya bermain senam. Ia memperoleh nama baru itu berhubung dengan bahunya yang lebar. Sepadan dengan badanya yang tinggi dan tegap. Raut muikanya, potongan tubuhnya serta parasnya yang elok bersesuaian benar dengan ciptaan klasik tentang manusia yang cantik. Dalam tubuh yang besar dan sehat itu bersarang pula pikiran yang dalam dan menembus. Pandangan matanya menunjukkan seolah-olah ia mau mengisi dunia yang lahir ini dengan cita-citanya.
Pada masa kanak-kanaknya pelajaran filosofi mula-mula diperolehnya dari kratylos. Kratylos adalah murid Herakleytos yang mengajarkan "semuanya berlalu" seperti air. Rupanya ajaran seperti itu tidak hinggap dalam kalbu anak aristrokat yang terpengaruh oleh tradisi keluarganya. Justru yang paling berpengaruh adalah ajaran Ariston dan ibunya periktione
Pada umur 20 tahun Plato mulai mengikuti pelajaran Sokrates. Ia menjadi murid Sokrates yang paling setia. Bahkan dalam segala karangannya yang selalu berbentuk dialok, Plato selalu menempatkan Sokrates sebagai mulut ajaranya. Walaupun apa yang diajarkanya itu sudah jauh dari pendapat gurunya tersebut.
Tak lama sesudah Sokrates meninggal, Plato meninggalkan Athena dan mulai mengembara selama dua belas tahun, ya'ni tahun 399 SM-387 SM. Awal pengembaraanya adalah di Magara, ke Kyrena, kemudian ke Italia selatan dan terus ke Sirakursadi pulau Sisilia. Di Sisilia inilah ia bertemu dengan seorang penguasa tiran yang bernama Dionysios. Niat baik Plato yang ingin menyadarkanya lewat ajaran filsafat malah dituduh membahayakan bagi kerajaan sehingga Plato ditangkap dan dijual sebagai budak. Peristiwa ini diketahui oleh para pengikut dan murid Plato. Mereka mengumpulkan uang untuk menebus Plato dan membelikan sebidang tanah yang kemudian dijadikan sebuah lembaga pendidikan dengan nama "Akademia". Di situlah Plato mulai mengajarkan ajaran filsafatnya sejak umur 40 tahun sampai meninggalnya dalam usia 80 tahun. Plato meninggal pada waktu menghadiri acara perjamuan malam pernikahan salah satu muridnya. Padahal Plato sendiri tidak pernah kawin dan tidak mempunyai anak

Buah Tangan Plato
Tulisan Plato yang kebanyakan berbentuk dialog berjumlah 34 buah. Selain itu juga ada tulisan-tulisanya dalam bentuk puisi dan surat. Waktu karanganya tidak diketahui. Semuanya ditulis dalam masa lebih dari setengah abad. Adapun urutan tulisan dialognya dapat dibagi pada empat masa yang masing-masing punya karakteristik tersendiri. Masa-masa itu adalah sebagai berikut:
1. Karangan yang ditulis pada masa mudanya. Antara lain: Apologie, Kriton, Ion, Protagoras, Laches, Politeia buku I, Lysis, Charmides, dan Euthyphron. Buku-buku ini berkisar pada pembentukan pengertian dalam daerah etik. Dalam buku ini juga tidak ditemukan pemikiran Plato dengan corak filosofinya, akan tetapi Plato hanya berpegang pada pendirian gurunya Sokrates.
2. Masa peralihan, disebut juga masa magara, karena waktu itu Plato berada di Magara. Buah karyanya antara laian: Gorgias, Kratylos, Menon, Hippias, dan beberapa lainya. Yang dibicarakan didalamnya adalah tentang politik dan pandangan hidup. Di masa ini sudah terbayang perkembangan pikiran Plato yang keluar dari garis Sokrates.
3. Masa pematangan, karyanya yang paling terkenal sampai sekarang antara lain: Phaidros, Symposion, Phaidon, dan Pholiteia (Republik) buku II-X. pokok ajaranya adalah tentang idea
4. Karangan yang ditulis pada masa tua, antara lain: Theaitetos, Parmenidas, Sophitos, Polotikos, Philibos, Timaios, Kritias dan Nomoi.

Tentang Idea
Idea adalah intisari ajaran filsafat Plato . Ajaran ini sangat sulit memahamkanya. Hal ini dikarenakan paham ini selalu berkembang. Berawal dari sebagai teori logika yang kemudian meluas menjadi pandangan hidup.
Sebagai titik tolak pemikiran filsafatnya, ia mencoba menyelesaikan permasalahan Heracleitos (mana yang benar-benar yang berubah) dan Parmenides (yang tetap) . Mana yang benar anatar pengetahuan yang lewat akal atau yang lewat pengalaman. Sebagai contoh, terdapat banyak segitiga yang bentuknya berlainan menurut pengetahuan indra atau pengetahuan pengalaman, tetapi dalam ide atau pikiran bentuk segitiga tersebut hanya satu dan tetap.
Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, Plato menerangkan bahwa manusia itu sesungguhnya berada dalam dua dunia, yaitu dunia pengalaman yang tidak bersifat tetap, bermacam-macam dan berubah dengan dunia ide yang tetap, satu macam dan tidak berubah. Dunia pengalaman merupakan bayang-bayang dari dunia ide sedangkan dunia ide merupakan dunia yang sesungguhnya, yaitu dunia realitas. Dunia inilah yang menjadi "model" dunia pengalaman. Dengan demikian, dunia yang sesungguhnya atau dunia realitas itu adalah dunia ide.
Contoh lain, kalau kita melihat seekor kuda yang bagus atau seorang perempuan cantik, penglihatan itu hanya mengingatkan dalam keinsafan kitapengertian bagus yang sebenarnyayang tidak seluruhnya tergambar tergambar pada kuda yang bagus itu atau pada wanita yang cantik. Pengertian bagus yang sebenarnya bukanlah pula kumpulan segala yang bagus yang kelihatan pada benda-benda. Terhadap segala yang dipandang itu idea merupakan suatu ideal, cita-cita. Bangunan yang tampak denagn pandangan tidak lain daripada tiruan akan gambaran yang tidak sempurna daripada bangunan yang sebenarnya dalam pengertian. Ia serupa tetapi tidak sama.
Pendapat ini diteruskan oleh Plato ke dalam daerah filosofi bahasa. Kata-kata tidak pernah mengambarkan pengertian yang sebenarnya. Ambil misalnya pembicaraan antar dua orang. Apa sebab mereka saling mengerti? Bagaimana pendapat mereka tentang suatu pengertian bisa serupa atau berbeda? Kata tak lain daripada bunyi. Bagaimana kata itu bisa mempunyai arti? Pendengaran bunyi kata itu tidak menentukan maksud kata yang terdengar itu. Kata-kata sebagai bunyi hanya merupakan sebuah symbol daripada sesuatunya yang terletak di belakangnya. Kata itu hanya mengingatkan dalam keinsafan kita bahwa ada yang bersembunyi dibelakangnya. Hanya pikiran dapat menangkap logika yang tepat daripada hubungan kata-kata itu.
Berpikir dan mengalami adalah dua macam jalan yang berbeda untuk memperoleh pengetahuan. Pengetahuan yang dicapai dengan berfikir lebih tinggi nilainya dari pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman.
Ajaran ide ini berhasil menjembatani permasalahan Heracleitos dan Parmenides. Plato mengemukakan bahwa pemikiran herakleitos itu benar tetapi hanya pada dunia pengalaman. Sebaliknya, pendapat Parmenides juga benar, tetapi hanya berlaku pada dunia ide yang hanya bisa dipikirkan dalam akal.
Dibandingkan dengan gurunya, sokrates, Plato telah maju selangkah dalam pemikiranya. Sokrates baru sampai pada pemikiran tentang sesuatu yang umum dan merupakan hakikat suatu realitas, tetapi Plato telah mengembangkanya dengan pemikiran bahwa hakikat suatu realitas itu bukan "yang umum", tetapi ynag mempunyai kenyataan yang terpisah dari sesuatu yang berada secara kongkret, yaitu ide. Dunia ide inilah yang hanya dapat dipikirkan dan diketahui oleh akal.

Etik Plato
Etik Plato sama dengan pandangan Sokrates, dimana etik bersifat intelektuil dan rasionil.. Dasar ajaranya ialah mencapai budi baik. Budi ialah tahu. Orang yang berpengetahuan dengan sendirinya berbudi baik. Sebab itu sempurnakanlah pengetahuan dengan pengetahuan.
Etik Plato bersendi pada ajaranya tentang idea. Dualisme dunia dalam teori pengetahuan diteruskanya ke dalam praktek hidup. Oleh karena kemauan seorang bergantung kepada pendapatnya. Menurut Plato, budi dibagi kedalam dua bagian yaitu:
1. Budi filosofi yang timbul dari pengetahuan dan pengertian.
2. Budi biasa yang terbawa oleh kebiasaan orang banyak. Sikap hidup yang dipakai tidak terbit dari keyakinan, melainkan disesuaikan kepada moral orang banyak dalam hidup sehari-hari.
Adapun konsep idea adalah adalah bahwa tujuan hidup manusia adalah hidup yang baik (eudaimonia atau well-being) . Akan tetapi, untuk hidup yang baik tidak mungkin dilakukan tanpa di dalam polis (negara). Alasanya, karena manusia menurut kodratnya merupakan makhluk social dan kodratnya di dalam polis (Negara). Maka, untuk hidup yang baik, dituntuk adanya Negara yang baik. Sebaliknya, polis (Negara)yang jelek dan buruk tidak mungkin menjadiksn warganya hidup dengan baik.
Menurut Plato, di dalam Negara ideal terdapat tiga golongan berikut:
1. Golongan yang tertinggi, terdiri dari orang-orang yang memerintah (para penjaga, para filsuf).
2. Golongan pembantu, terdiri dari prajurit, yang bertugas untuk menjaga keamanan Negara dan menjaga ketaatan para warganya.
3. Golongan rakyat biasa, terdiri dari petani, pedagang, tukang, yang bertugas untuk memikul ekonomi Negara (polis)
Tugas negarawan adalah menciptakan keselarasan antara semua keahlian dalam Negara sehingga mewujudkan keseluruhan yang harmonis. Bentuk pemerintahan harus disesuaikan dengan keadaan yang nyata.
Apabila suatu Negara sudah mempunyai Undang-Undang Dasar, bentuk pemerintahan yang paling tepat adalah monarki. Bentuk pemerintahan yang aristokrasi dianggap kurang tepat dan pemerintahan terburuk adalah demokrasi. Sementara itu, apabila Negara belum mempunyai Undang-Undang dasar, maka bentuk pemerintahan yang tepat adalah demokrasi, dan yang paling buruk adalah monarki. Konsep tentang Negara ini tertera dalam politeia (tata negara).

Daftar Pustaka
Hatta, Muhammad. Alam Pikiran Yunani. UI Press. 1986. Jakarta

Achmadi, Asmoro. Filsafat Umum. Raja Grafindo Persada. 2005. Jakarta

Filsafat Aristoteles

ARISTOTELES
1. Riwayat Hidup
Aristoteles lahir pada tahun 384 SM di Trasia, suatu kota di Yunani Utara, bapaknya bernama Machon yang berpropesi sebagai dokter, keluarganya adalagh orang-orang yang tertarik pada ilmu kedokteran, ia banyak mempelajari filsafat, Matematika, Astronomi, Retorika dan ilmu-ilmu lainnya. Pada usia 17/18 tahun Aristoteles dikirim ke Athena untuk belajar di academia Plato. Ia tinggal disana sampai Plato meninggal dunia pada tahun 347/348, jadi kita-kira 20 tahun ia belajar akepada Plato. Sewaktu ia belajar di academia, ia menerbitkan beberapa karya. Selain itu juga ia belajar ilmu astronomi kepada eudotos dan kaippos yang pada masa itu terkenal asebagai ahli astronomi. Aristoteles juga menmgajarkan anggota-anggota akademoa yang lebih muda tentang logika dan retorika.
Di Athena ia mendirikan sekolah yang bernama Lyceum. Dari sekolah itu banyak menghasilkan hasil penelitian yang tidak hanya dapat menjelaskan prinsip-prinsip sains tetapi juga politik, retorika dan lain sebagainya. Namun lama kelamaan posisi Aristoteles di Athena tidak aman, karena aia orang asing. Lebih dari itu ia diisukan sebagai pnyebar pengaruh yang bersifat subversif dan dituduh Atheis. Kemudian akhirnya ia meninggalkan Athena dan pindah ke Cahalcis dan meninggal disana pada tahun 322 SM.
Aristoteles adalah salah seorang yang pernah mengalahkan pemikiran-pemikiran orang Yunani secara ilmiah dengan pernyataan-pernyataan yang logis dan brilian, pernyataan-pernyataan tersebut aia peroleh melalui diskusi dengan murid-muridnya. Keberhasilannya mengahsilkan menyusun tekhnik berfikir sistematis dan benar sekaligus hukum-hukumnya, telah mengangkatnya mejadi guru pertama logika di dunia sampai kemasa ini.
2. Pandangan Aristoteles
Aristoteles sependapat dengan gurunya Plato, yaitu tujuan terakhir daripada filosofi adalah pengetahuan tentang wujud/adanya dan yang umum. Dia juga mempunyai keyakinan tentang kebenaran yang sebenarnya hanya dapat dicapai dengan jelas pengertian, bagaimana memikirkan adanya itu? Menurut Aristoteles adanya itu tidak dapat diketahui dari materi benda belaka, tidak pula dari pemikiran yang bersifat umum semata. Seperti pendapat Plato tentang adanya itu terletak dalam barang satu-satunya, selama barang tersebut ditentukan oleh yang umum. Pandangannya juga yang realis dari pandanganan Plato yang selalu didasarkan pada yang abstrak. Ini semua disebabkan dari pendidikannya diwaktu kecil yang senantiasa mengharapkan adanya bukti dan kenyataan. Ia terlebih dahulu memandang yang konkrit, bermula dari mengumpulkan fakta-fakta yang ada kemudian disusun menurut ragam dan jenis atau sifatnya dalam suatu sistem setelah itu ia meninjaunya kembali dan disangkutpautkan satu sama lain.
Bila orang-orang shopis banyak yang menganggap manusia tidak akan mampu memperoleh kebenaran, Aristoteles dalam metaphysics menyatakan abahwa manusia dapat mencapai kebenaran. Tuhan itu menurut Aristoteles berhubungan dengan dirinya sendiri. Ia tidak berhubungan dengan (idak memperdulikan) alam ini. Ia bukan pesona, ia tidak memperhatikan doa dan keinginan manusia. Dalam mencintai tuhan kita tidak usah mengharapkan ia mencintai kita. Ia adalah kesempurnaan tertinggi dan kita mencontoh ke sana untuk perbuatan dan pikiran-pikiran kita.
Pandangan filsafatnya tentang etika adalah bahwa etika adalah sarana untuk mencapai kebahagiaan dan merupakan sebagai barang yang tertinggi dalam kehidupan. Etika dapat mendidik manusia supaya memiliki sikap ayang pantas dalam segala perbuatan. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kebaikan terletak ditengah-tengah antara dua ujung yag paliang jauh. Contohnya pemberani adalah sifat baik yang terletak di antara pengecut dan nekad, dermawan terletak di antara kikir adan pemboros, renadah hati terletak diantara berjiwa budi dan sombong, dan lain sebagainya. Orang harus pandai mengusai diri agar tidak terombang-ambing oleh haw nafsu.
Namuna, dalam pemahamannya selain dalam permasalahan etik ia juga menyinggung masalah tentang nilai-nilai matematika, fisika, astronomi dan filsafat. Ia menyatakan bahwa putra-putri semu warga negara sebaiknya diajar sesuai dengan kemampuan mereka, sesuatu pandangan mereka yang sama dengan doktrin Plato tentang keberadaan individual, disiplin merupakan hal yang essensial untuk mengajarkan para apemuda daan kaum laki-laki muda untuk mematuhi perintah-perintah dan mengendalikan gerakan ahati mereka.
Aristoteles seorang filusuf yang terbesar, memberikan definisi bahwa manusia itu adalah hewan yang berakal sehat yang mengeluarkan pendapatnya yang bebicara berdasarkan akal pikirannya. (the animal that reasons)
Dia pun mengajukan rumusan lain yaitu manusia itu adalah hewan yang berpolitik (zoon politicion, political animal) hewan yang membangun masyarakat diatas family-family menjadi pengelompokkan yang impersonal dari opada kamapung dan negara. Ditambahnya pula bahwa manusia itu political karena dia memiliki bahasa. Hal ini membawa kepada kesimpulan bahwa semua hewan sosial (social animal) seperti lebah dan semut, mempunyai beberapa pengucapan atau komunikasi. Akan tetapi Aristoteles selanjutnya menerangkan pula bahwa keadilan umpamanya tanpa idea-idea termaksud maka jenis masyarakat hewan sering mempunyai organisasi yang menarik perhatian dan prilaku para anggotanya tertib dalam pengertian garis-garis insting yang terbatas, akan tetapi kita tidak berpendapat bahwa hewan-hewan tersebut tidak menginsafi aturan-aturan dan mengubahnya dari waktauke waktu mereka tetap tidak pernah beruasaha memikirkan suatu cita keadilan.
3. Karya-karya Aristoteles
Buku-buku logika yang ditrjemahkan oleh Aristoteles ialah:
a) Categoriae (al-Maqulat) berisi 10 macam predikat (keterangan). Buku ini diterjemahkan oleh Ibnu al-Muqaffa, kemudian diterjemahkan lagi oleh Isbah bin Hunein, kemudian diterjemahkan lagi oleh Yahya bin Adij dengan ulasan dari Iskandar Aprodisios. Al-Farabi menulis ulasan tentang Maqulat dan Ibnu Sina menulis tujuan Maqulat.
b) Interpretatione (tafsiran-tafsiran) yang dalam dunia islam terkenal dengan nama Pro-Armenias, berisi keterangan tentang bahasa yaitu tentang proposisi dan bagian-bagiannya. Buku tersebut diterjemahkan oleh Ishaq bin Hunein dan juga al-Farabi.
c) Analytica Priora (uraian pertama) yang membicarakan tentang qiyas (syllogis) diterjemahkan oleh al-Kindi, Abu Bisyr, Mattius, al-Farabi dan al-Jurjani.
Dikalangan Yunani buku-buku tersebut terkenal dengan nama Organoon, yang berarti akal, karena buku ini merupakan alat yang diperlukan dalam pembahasan dan dipakai untuk setiap ilmu, berisi aaturan-aturan berfikir yang menjamin kebenaran-kebenaran persoalan yang dibicarakan.
Buku-buku Aristoteles tentang fisika ada tiga:
a) De Caelo (langit) yang diterjemahkan oleh Ibnu Petrik, kenmudian diberi ulasan oleh al-Farabi, Abu Hasim al-Jubbai juga mengulasnya dengan judul al-Mutassaffih. Disana ia banyak menentang pikiran-pikiran Aristoteles.
b) Animalium (hewan) yang diterjemahkan oleh Nicolas Damascus, seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Zar’ah.
c) Anima (jiwa) yang diterjemahkan oleh Ishak bin Hunein, Ibnu Sina, Qusta bin Luzas dan Imam Ar-Razi didasarkan atas pikiran-pikiran Aristoteles.
Buku Etika
Buku etika Aristoteles yang diterjemahkan ke dalam bahas arab menurut pengarang buku Kaasyfud-Dhaunun ialah buku Ethica Nocomachaea dan dua uraian tentang etika. Pada galibnya buku berikut didasarkan atas ilmu etika.
a. Al-Akhlak karangan al-Farabi sebagai ulasan terhadap buku Aristoteles.
b. Al-Akhlak karangan Ibnu Maskawih.
c. Akhlakus-Syech ar-rais dari Ibnu Sina.
BUKU METAFISIKA
Buku metafhysics yang apoakao-poko pembahasannya disusun menurut urutan abjad Yunani dimulai dari huruf A. Diantaranya isinya yang sampai kepada kaum Muslimin ada sebelas karangan sedangkan teks aslinya dalam bahasa Yunani berisi 14 karangan.
Sebagai gema dari buku tersebut. Timbullah buku-buku berikut.
a. Al-Ibanah ‘An Gharadhi Aristoteles fi Kitabi ma ba’da at-Thabi’ah (penjelasan tentang maksud Aristoteles dalam buku metafisika) karangan al-Farabi.
b. Buku tentang ilmu ketuhanan dan catatan atas buku huruf (buku metafisika dari aristoteles) keduanya juga karangan al-Farabi.
c. Buku-buku sekitar matefisika karangan ar-Razi, seorang tabib.
KESIMPULAN
Aristoteles lahir pada tahun 384 SM di Trasia, suatu kota di Yunani Utara. Bapaknya bernama Machon yang berpropesi sebagai dokter, keluarganya adalah oarang-orang yang tertarik pada ilmu kedokteran, ia banyak mempelajari filsafat, matematika, astronomi, Retorika, dan ilmu-ilmu lainnya.
Pandangan filsafat Aristoteles tentang etika adalah sarana untuk mencapai kebahagiaan dan merupakan sebagai barang yang tertinggi dalam kehidupan.
Buku karya Aristoteles mencakup:
a. Loghika
b. Fisika
c. Metafisika

d. Etika