JK Puaskan Pansus


Setelah selama sekitar enam jam memberikan keterangan kepada panitia khusus angket Century pada Kamis (14/1) ini, pansus merasa cukup memintai keterangan mantam presiden Jusuf Kalla.
Keterangan yang diberikan JK dinilai sangat baik dan dapat memberikan langkah selanjutnya bagi pansus melakukan penyelidikan.
"Hari ini Pak JK sangat efektif dan produktif memberikan keterangan untuk pansus Century," ujar anggota pansus Century asal F-PDIP Maruarar Sirait seusai pemeriksaan JK yang selesai pada pukul 16.15.
Menurut pria yang akrab dipanggil Ara tersebut, melalui keterangan yang diberikan JK pansus akan melakukan dua hal utama.
"Pertama mengkonfrontir keterangan bahwa Boediono seakan melakukan pembiaran terhadap pemilik saham Bank Century Robert Tantular agar tidak ditangkap. Yang kedua adalah mengkonfrontir keterangan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani yang ternyata terbukti tidak puas dengan data-data Bank Indonesia yang menjadi dasar pengambilan kebijakan pemberian bail-out kepada Bank Century," ujar Ara.
Meskipun dinilai sangat bekerja sama dengan pansus, Ara menyatakan bahwa keterangan yang diberikan JK tetap akan tidak serta merta ditelan mentah-mentah pansus.
"Kami tidak langsung ambil. Kami konfirmasi dulu. Kami akan cross-check," ujar Ara.
Kepuasan akan keterangan yang diberikan JK juga diungkapkan oleh anggota pansus lainnya, diantaranya anggota pansus asal F-Golkar Ade Komaruddin.
"Pak JK sudah sangat bekerja sama dengan pansus. JK telah mengatakan yang ia ketahui. Dengan kata lain Pak JK memuaskan pansus," ujar Ade.
Sementara itu salah satu pimpinan pansus Century Mahfudz Siddiq menyatakan pansus akan mengadakan konfirmasi maupun konfrontasi dengan keterangan yang diberikan JK hari Kamis ini.
"Itu belum dijadwalkan, namun sudah akan dibahas dalam rapat internal pansus," komentar Mahfudz. (*/OL-02)

    0 komentar:

    Posting Komentar